Daftar Siaran TV di Madiun, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi

Televisi merupakan media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar dan suara sekaligus. Pada masa internet, kepopuleran televisi kian meredup karena kalah saing dengan layanan video streaming. Meskipun begitu, televisi masih menjadi benda yang wajib ada di rumah.

Siaran televisi terestrial ditransmisikan melalui gelombang radio VHF dan UHF yang ditetapkan antara 54-890 MHz. Siaran televisi pada awal mulanya dipancarkan melalui sinyal analog, namun saat ini beberapa negara sudah beralih ke sinyal digital termasuk Indonesia.

Daftar Siaran TV Analog dan Digital Terestrial

Artikel ini ditulis untuk mempermudah pencarian siaran televisi terestrial gratis (free to air/FTA) baik analog maupun digital yang bersiaran di wilayah Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, dan sekitarnya. Seluruh pemancar TV swasta pada daftar di bawah ini berada di Plaosan, Magetan, dekat dengan telaga Sarangan. Sedangkan TVRI memiliki dua pemancar di kawasan eks-Karesidenan Madiun ini, yaitu pemancar di Cemoro Sewu Magetan dan pemancar di Gunung Pandan Saradan Madiun.

A. Daftar TV Analog Terestrial

Berikut ini adalah daftar siaran televisi analog di Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, dan sekitarnya.

Kanal
(Frekuensi)
Stasiun TV Logo Aspek Rasio
22 UHF
(482 MHz)
Kompas TV
16 : 9
29 UHF
(538 MHz)
NET.
16 : 9
32 UHF
(562 MHz)
TVRI (Madiun)
4 : 3
33 UHF
(570 MHz)
Sakti TV
4 : 3
36 UHF
(594 MHz)
ANTV
4 : 3
38 UHF
(610 MHz)
MNCTV
4 : 3
42 UHF
(642 MHz)
JTV
4 : 3
43 UHF
(650 MHz)
TVRI (Magetan)
4 : 3
44 UHF
(658 MHz)
Indosiar
4 : 3
46 UHF
(674 MHz)
RCTI
4 : 3
48 UHF
(690 MHz)
SCTV
4 : 3
62 UHF
(802 MHz)
iNews
4 : 3

Siaran TVRI kok nggak ada di TV saya?

TVRI Madiun (32 UHF) hanya bisa disaksikan di wilayah utara eks-Karesidenan Madiun, karena pemancarnya ada di Gunung Pandan Saradan. Sedangkan TVRI Magetan (43 UHF), saat ini tidak bisa disaksikan di beberapa tempat karena frekuensinya bertabrakan dengan frekuensi TV digital milik Transmedia. Sehingga, ada wilayah yang tidak bisa menyaksikan siaran TVRI dari kedua pemancar.

Saran untuk TVRI, percepat segera migrasi ke digital. Sebagai lembaga penyiaran publik seharusnya memberikan contoh untuk lembaga penyiaran swasta dalam melaksanakan UU yang telah disahkan. Pemancarnya juga seharusnya dijadikan satu di kompleks pemancar Plaosan seperti TV lainnya. Masa ada lembaga penyiaran publik, dengan slogan "Media Pemersatu Bangsa", 'kok tidak bisa ditonton oleh segenap rakyat Indonesia.

B. Daftar TV Digital Terestrial

Berikut ini adalah daftar siaran televisi digital terestrial di wilayah layanan Jawa Timur 9 yang meliputi daerah Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, dan Trenggalek. Daftar siaran TV berikut ini dikelompokkan berdasarkan slot multipleksing (mux) yang tersedia di wilayah tersebut.

Daftar Siaran TV Digital Terestrial
(Wilayah Layanan Jawa Timur 9)
34 UHF (578 MHz)
Metro TV
Magna Channel
BN TV
BBS TV
43 UHF (650 MHz)
Trans TV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia

Di TV saya kok nggak ada sih beberapa siaran di atas?

Jika televisi Anda belum bisa menerima siaran dari beberapa kanal di atas, artinya televisi Anda masih menggunakan teknologi analog. Namun jangan khawatir, Anda hanya perlu menambahkan dekoder (set-top-box) DVB-T2 yang bisa dibeli di toko-toko online. Harga dekoder ini bervariasi, mulai dari seratus ribuan sampai sejutaan. Paling umum harganya sekitar dua ratus ribu rupiah. Mereknya pun bermacam-macam, di antaranya Skybox, Rinrei, Evinix, Polytron, Venus, Visat, dan lain sebagainya.

Selain menambahkan dekoder, opsi lainnya adalah dengan membeli televisi baru yang sudah mendukung teknologi digital terestrial T2. Rata-rata televisi yang diproduksi sekarang sudah mendukung teknologi digital ini. Kemudian, saya ucapkan selamat siaran di televisi Anda sudah bebas semut.

Riwayat Siaran Televisi

A. Riwayat Penambahan dan Perubahan Siaran TV

Perlu diketahui, moratorium perizinan baru siaran TV analog diberlakukan sejak tahun 2017 sampai waktu yang belum ditentukan. Maka dari itu, penambahan kanal TV berikut kemungkinan hanya penambahan siaran TV digital saja. Berikut ini adalah riwayat penambahan dan perubahan kanal televisi di wilayah layanan Jawa Timur 9.

  • 24 Desember 2019: Mux televisi digital milik Media Group mulai aktif bersiaran di kanal 34 UHF. Mux ini diisi oleh Metro TV dan BBS TV. (Sumber: Twitter)
  • 2 Juli 2020: Mux digital milik Transmedia mulai aktif bersiaran di kanal 43 UHF. Mux ini diisi oleh Trans TV dan Trans7. (Sumber: Twitter)
  • 15 Juli 2020: Siaran percobaan Magna Channel mulai mengudara di mux Media Group (kanal 34 UHF).
  • 30 Agustus 2020: CNN Indonesia dan CNBC Indonesia mulai bersiaran di mux Transmedia (kanal 43 UHF) dengan kualitas Full HD (1920 × 1080).
  • 25 Oktober 2020: Siaran percobaan BN TV mulai mengudara di mux Media Group (kanal 34 UHF).
  • 10 November 2020: Trans TV mengubah kualitas video siarannya menjadi Full HD (1920 × 1080).
  • 19 November 2020: Trans TV menambahkan teknologi audio Dolby Digital.
  • 20 November 2020: Trans7 mengubah kualitas video siarannya menjadi Full HD (1920 × 1080).

B. Riwayat Gangguan Siaran TV

Berikut ini adalah riwayat gangguan siaran televisi di wilayah Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, dan sekitarnya.
  • 2 Juli 2020 sampai sekarang: TVRI pemancar Cemoro Sewu yang masih bersiaran analog di kanal 43 UHF mengalami interferensi dengan mux digital milik Transmedia yang berada di kanal yang sama. Sehingga siaran TVRI menjadi tidak jelas atau bersemut. Sedangkan siaran Transmedia di beberapa lokasi sering macet bahkan sinyal hilang. (Lihat gambar di bawah.)

C. Riwayat Penghentian Siaran TV

Beberapa stasiun televisi di daerah eks-Karesidenan Madiun dan sekitarnya ada yang berhenti bersiaran karena beberapa alasan. Beberapa di antaranya ada yang bersiaran lagi, terutama televisi analog yang berpindah ke digital, dan ada pula yang tidak bersiaran lagi. Nah, berikut ini adalah riwayat stasiun TV yang berhenti bersiaran di wilayah Ponorogo dan sekitarnya.
  • 1 Juli 2019: Tujuh stasiun televisi analog ditertibkan oleh Balmon Kelas I Surabaya karena tidak mengantongi izin. Ketujuh TV tersebut yaitu; Dhamma TV, GTV, Metro TV, BBS TV, Trans TV, Trans7, dan Nusativi. Tiga di antaranya, yaitu Dhamma TV, GTV, dan Nusativi sampai saat ini belum bersiaran lagi.
Daftar Stasiun TV yang Pernah Bersiaran
Dhamma TV
GTV
Nusativi

Perbedaan Siaran Televisi Analog dan Digital

Siaran televisi analog adalah siaran televisi yang menggunakan sinyal analog untuk mengirim video dan audio. Siaran analog ini merupakan sistem penyiaran yang sudah usang dan memiliki banyak kekurangan. Oeh karena itu, beberapa negara memutuskan untuk menghentikan siaran analog ini.

Kekurangan siaran TV analog yang paling umum, yaitu apabila sinyal di suatu daerah lemah maka gambar yang diterima di televisi menjadi banyak semut (dalam istilah bahasa Inggris adalah snowy atau bersalju). TV analog juga sangat boros frekuensi, karena satu kanal frekuensi hanya bisa digunakan oleh satu stasiun TV saja.

Sebagai pengganti siaran analog, muncul generasi terbaru dari sistem penyiaran televisi, yaitu siaran TV digital. Siaran TV sistem ini menggunakan sinyal digital untuk mengirim video dan audio. Dibandingkan dengan siaran analog, siaran digital memiliki banyak kelebihan. Di antaranya apabila sinyal melemah di suatu daerah tapi sinyal masih tertangkap, maka siaran masih bisa diterima dengan baik di daerah tersebut. Hal itu karena sinyal digital hanya mengenal istilah ada dan tiada, tidak mengenal istilah di antara keduanya..

Keunggulan lainnya yaitu dalam satu frekuensi bisa digunakan oleh banyak stasiun TV. Hal ini karena TV digital menggunakan sistem OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) sehingga bisa menghemat lebar pita frekuensi. Lebar pita frekuensi yang tersisa dapat digunakan untuk internet, 5G misalnya. Selain itu, siaran televisi digital juga bisa memiliki kualitas HD atau bahkan Full HD. ITU (International Telecommunication Union) sudah menentukan batas waktu untuk migrasi siaran TV analog ke digital atau ASO (analog swtch off), sehingga di masa depan kita hanya mengenal TV digital saja.

Demikian artikel tentang "Daftar Siaran TV di Madiun, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi". Semoga dapat membantu dan terima kasih.


➣ Data di atas diambil pada tanggal 2 November 2020.
➣ Logo TV mungkin memiliki hak cipta, ditampilkan sebagai ilustrasi.


Terbaru Lebih lama

Related Posts

38 komentar

  1. Sctv indosiar + Mncgroup kapan on digital?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belum. Mereka masih nunggu undang-undangnya disahkan.

      Hapus
  2. Transmedia digital di madiun hilang bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Ponorogo ada, tapi macet-macet. Mungkin interferensi dengan TVRI Cemoro Sewu.

      Hapus
  3. Min di magetan yg digital cm ada metro bbs sm magna, yg trans media kok belum ada ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transmedia sebenarnya sudah ada di 43 UHF, cuma agak susah ditangkap. Mungkin masih interferensi dengan TVRI Cemoro Sewu.

      Hapus
    2. Coba discan ulang secara manual di 43 UHF.

      Hapus
  4. knapa ya di area kami ponorogo metro, magna, bbs ada swara jelas tp gambar tdk muncul sdgkan transtv dan trans7 tdk ada muncul sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kok bisa Metro dkk tidak ada gambarnya? Arah antenanya sudah benar belum? Coba diarahkan ke telaga Sarangan. Kalau untuk Trans memang agak susah sinyalnya.

      Hapus
  5. Min mw nnya tranmedia udh q cba scan manual k channel 43 uhf tp blm bs, aq pke stb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diputar-putar antenanya atau ditinggiin. Sinyal Transmedia memang susah, karena frekuensinya sama dengan TVRI analog. Jadi kalau tidak ketemu ya kita tunggu saja sampai TVRI pindah ke digital.

      Hapus
  6. Mohon info untuk antenna nya indoor apa outdoor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antena saya outdoor, model antena putar.

      Hapus
  7. Makasih boss infone,
    tvri digital kanal 30 uhf di madiun ada, sinyal 100% cuman antena agak di putar ke selatan efeknya analognya burek.

    untuk trans media kanal 43 uhf belum ada sinyal 0%

    BalasHapus
  8. Terpantau dari bojonegoro kec ngraho juga kesulitan untuk trima siaran trans group ternyata satu freq dengan tvri analog too

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, satu frekuensi dengan TVRI analog Cemoro Sewu. Tapi seharusnya di Bojonegoro tidak masalah, karena TVRI Cemoro Sewu tidak sampai di sana.

      Hapus
  9. Madiun trans tv ko sinyalnya macet2 ya apa antena kurang tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bentrok frekuensinya dengan TVRI Magetan.

      Hapus
  10. Balasan
    1. BN TV itu televisi yang masih bersaudara dengan Metro TV dan Magna Channel. BN TV sepertinya khusus menyiarkan program bisnis dan niaga. Sekarang masih siaran percobaan sama seperti Magna Channel.

      Hapus
  11. Min..daerah begadung nganjuk..trans tv global tv7 kok ngak bisa & ngk ada sama sekali , antena saya model putar di dalam rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV-nya sudah support DTV belum?

      Kalau sudah, coba taruh antenanya di luar/atas genteng, kemudian arahkan ke pemancar terdekat, biasanya arah pemancar sama dengan TV lainnya.

      Kalau belum support DTV, coba tambahkan STB DVB-T2 terlebih dahulu. Karena Trans siaran di digital, bukan analog.

      Hapus
  12. Min, channel net tv kok hilang ya tv masih analog area ponorogo kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada perbaikan pemancar, sekarang sudah normal lagi.

      Hapus
  13. Apakah antena harus diluar rumah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus di luar, semua tergantung sinyal yang didapat. Kalau di dalam rumah sinyalnya buruk, lebih baik di luar rumah.

      Hapus
  14. Mohon penjelasan mas admin,... Dari tabel mux trans yang kemarin 43 UHF sekarang apakah berubah mux trans di kanal 44 UHF mana yang benar? Atau memang salah ketik

    BalasHapus
  15. Udah dirubah👍... Untuk sementara lokasi Bojonegoro mux metro dapat ditrima.. ditambah mux TVRI Blora..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Di sini belum ada TVRI digital. 😃

      Hapus
  16. Min di Madiun kok Transmedia Grup tdk bisa, klu Metro Grup sdh bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bentrok dengan TVRI Magetan. Coba scan manual secara berkala.

      Hapus
    2. Tdk mau ada yg mengalah ya min, sore tadi coba scan UHF 43 digital "tidak ada sinyal"

      Hapus
    3. Gak ada yg mau ngalah. Kita lihat saja nanti yang kalah siapa. 🤣

      Hapus
  17. Waaininiiii,,, madiun Pagotan sudah lama chanel transtv,global sama trans7 gk masookk pak eko. Jadi hari2 aku terpaksa menelan mentah2 sinetron dan dangdutan gk jelas. Gk ada movie2 bliasss. Piyeee piye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibaca dahulu artikel di atas pelan-pelan. Trans 7 dan Trans TV sudah ada lagi kok cuma siarannya sekarang sudah digital, lebih jernih tanpa semut. Tinggal beli decoder DVB-T2 sudah bisa nonton gratis.

      Semua TV di atas juga nantinya pindah ke digital paling lambat bulan November 2022. Jadi gak rugi beli decoder dari sekarang.

      Hapus
    2. Untuk GTV (Global TV) kita tunggu saja MNC Group hadir di digital. Saat ini masih belum.

      Hapus

Posting Komentar

Ikuti Blog Ini