(Update) Daftar Siaran TV di Ponorogo, Madiun, Magetan, dan Sekitarnya - Blog Anashir

20 Agustus 2020

(Update) Daftar Siaran TV di Ponorogo, Madiun, Magetan, dan Sekitarnya

Televisi merupakan media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar dan suara sekaligus. Saat ini televisi adalah benda yang umum ditemui di mana-mana. Meskipun kepopulerannya kian meredup sejak adanya internet, televisi masih menjadi benda yang wajib ada di rumah-rumah.

Siaran televisi terestrial ditransmisikan melalui gelombang radio VHF dan UHF yang ditetapkan antara 54 - 890 MHz. Dahulu siaran televisi dipancarkan melalui sinyal analog, namun sekarang beberapa negara sudah beralih ke sinyal digital termasuk Indonesia. Meskipun aturan tentang migrasi siaran analog ke digital di Indonesia tak kunjung disahkan.

Artikel ini ditulis untuk mempermudah pencarian siaran televisi terestrial gratis (free to air/FTA) baik analog maupun digital yang bersiaran di wilayah Ponorogo, Madiun, Magetan, dan sekitarnya. Seluruh pemancar TV swasta pada daftar di bawah ini berada di Plaosan, Magetan — dekat dengan telaga Sarangan. Sedangkan untuk TVRI, siaran yang ditangkap dari daerah saya adalah siaran dari transmisi Cemoro Sewu Magetan. TVRI sendiri mempunyai dua stasiun transmisi di kawasan Madiun dan sekitarnya, satu lagi berada di Gunung Pandan Saradan Madiun.

Daftar TV Analog di Ponorogo, Madiun, Magetan, dan Sekitarnya

Berikut ini adalah daftar siaran televisi analog di Ponorogo, Madiun, Magetan, dan sekitarnya.

No Stasiun TV Logo Kanal Frekuensi Tengah Aspek Rasio
1. KOMPAS TV
22 UHF 482 MHz 16 : 9
2. NET.
29 UHF 538 MHz 16 : 9
3. SAKTI TV
33 UHF 570 MHz 4 : 3
4. ANTV
36 UHF 594 MHz 4 : 3
5. MNCTV
38 UHF 610 MHz 4 : 3
6. JTV
42 UHF 642 MHz 4 : 3
7. TVRI
43 UHF 650 MHz 4 : 3
8. INDOSIAR
44 UHF 658 MHz 4 : 3
9. RCTI
46 UHF 674 MHz 4 : 3
10. SCTV
48 UHF 690 MHz 4 : 3
11. INEWS
62 UHF 802 MHz 4 : 3
  • Daftar stasiun TV di atas diambil di wilayah Ponorogo pada tanggal 20 Agustus 2020, mungkin terdapat perbedaan dengan wilayah Anda.
  • Saat ini kualitas siaran TVRI Cemoro Sewu  (kanal 43 UHF) sangat buruk. Mungkin interferensi dengan frekuensi digital Transmedia.

Siaran televisi analog adalah siaran televisi yang menggunakan sinyal analog untuk mengirim video dan audio. Siaran analog ini merupakan sistem penyiaran yang sudah usang dan memiliki banyak kekurangan. Sistem ini ke depan akan diganti dengan sistem digital.

Salah satu kekurangan sinyal analog yaitu apabila sinyal di suatu daerah lemah maka gambar yang diterima di televisi menjadi banyak semut atau dalam istilah bahasa Inggris adalah snowy (bersalju). Selain itu, satu frekuensi hanya bisa digunakan oleh satu stasiun TV saja, sehingga sangat boros frekuensi.

Daftar TV Digital di Ponorogo, Madiun, Magetan, dan Sekitarnya

Berikut ini adalah daftar siaran televisi digital di wilayah Ponorogo, Madiun, Magetan, dan sekitarnya.

No Stasiun TV Logo Kanal Frekuensi Tengah Aspek Rasio
1. METRO TV
34 UHF 578 MHz 16 : 9
2. MAGNA CHANNEL
16 : 9
3. BBS TV
16 : 9
4. TRANS TV
43 UHF 650 MHz 16 : 9
5. TRANS7
16 : 9
6. CNN INDONESIA
16 : 9
7. CNBC INDONESIA
16 : 9
  • Daftar stasiun TV di atas diambil di wilayah Ponorogo pada tanggal 30 Agustus 2020, mungkin terdapat perbedaan dengan wilayah Anda.
  • Siaran mux Transmedia (kanal 43 UHF) masih belum stabil, putus-putus, dan kadang-kadang hilang. Bahkan di beberapa tempat tidak dapat ditangkap. Mungkin karena interferensi dengan frekuensi TVRI analog transmisi Cemoro Sewu.

Siaran televisi digital merupakan generasi terbaru dari sistem penyiaran televisi. Siaran TV digital menggunakan sinyal digital untuk mengirim video dan audio. Dibandingkan dengan siaran analog, siaran digital memiliki banyak kelebihan. Sehingga pada masa depan siaran digital ini akan menggantikan siaran analog. Hal ini sudah ditentukan oleh ITU (International Telecommunication Union).

Di antara kelebihan dari siaran TV digital adalah apabila sinyal melemah di suatu daerah tapi sinyal masih tertangkap, maka siaran masih bisa diterima dengan baik di daerah tersebut. Selain itu, siaran televisi digital juga bisa memiliki kualitas HD atau bahkan Full HD. Keunggulan lain dari sistem siaran digital yaitu dalam satu frekuensi bisa digunakan oleh banyak stasiun TV. Hal ini karena TV digital menggunakan sistem OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) sehingga bisa menghemat lebar pita frekuensi. Sehingga pita frekuensi yang tersisa dapat digunakan untuk internet, 5G misalnya.

Perlu diketahui, siaran televisi digital terestrial bukanlah siaran berbayar seperti anggapan masyarakat pada umumnya. Bagi Anda yang ingin menyaksikan siaran TV digital, Anda hanya perlu menggunakan televisi yang sudah mendukung DVB-T2 dan antena UHF biasa. Jika televisi Anda belum mendukung DVB-T2, maka bisa menggunakan dekoder (set-top-box) DVB-T2. Bisa dibeli di toko-toko online, harganya sekitar dua ratus ribu rupiah.

Riwayat Siaran TV di Ponorogo, Madiun, Magetan, dan sekitarnya

Berikut ini adalah riwayat penambahan kanal televisi di wilayah Ponorogo, Madiun, Magetan, dan sekitarnya. Karena perizinan baru siaran TV analog sudah ditiadakan sejak tahun 2017, maka penambahan kanal TV berikut hanya untuk siaran TV digital. Kalau pun ada yang analog, maka berarti tidak memiliki izin siar alias ilegal.

  • 24 Desember 2019: Multiplexer (mux) televisi digital milik Media Group mulai aktif bersiaran di kanal 34 UHF. Mux ini diisi oleh Metro TV dan BBS TV.
  • 2 Juli 2020: Mux digital milik Transmedia mulai aktif bersiaran di kanal 43 UHF. Mux ini diisi oleh Trans TV dan Trans7.
  • 15 Juli 2020: Magna Channel mulai bersiaran di mux Media Group (kanal 34 UHF). Magna Channel adalah stasiun televisi baru yang masih satu induk dengan Metro TV. Diresmikan pada 16 Juli 2020.
  • 30 Agustus 2020: CNN Indonesia dan CNBC Indonesia mulai bersiaran di mux Transmedia (kanal 43 UHF).
Berikut ini adalah riwayat penghentian, perubahan, dan gangguan siaran televisi di wilayah Ponorogo, Madiun, Magetan, dan sekitarnya.
  • 1 Juli 2019: Siaran tujuh stasiun TV analog dihentikan oleh Balmon Kominfo Jatim karena tidak mengantongi izin penyiaran. Ketujuh stasiun tersebut yaitu Trans TV, Trans7, Metro TV, BBS TV, GTV, Dhamma TV, dan Nusativi.
  • 2 Juli 2020 sampai sekarang: TVRI pemancar Cemoro Sewu yang masih bersiaran analog di kanal 43 UHF mengalami interferensi dengan mux digital milik Transmedia yang berada di kanal yang sama. Sehingga sinyal digital dari mux Transmedia sering hilang dan siaran TVRI menjadi tidak jelas (lihat beberapa gambar di bawah).
Siaran mux Transmedia di Ponorogo macet-macet

Siaran TVRI sebelum dan sesudah ada mux Transmedia

Demikian artikel tentang "Daftar Siaran Stasiun TV di Ponorogo, Madiun, Magetan, dan Sekitarnya". Semoga dapat membantu dan terima kasih.

Logo stasiun televisi di atas kemungkinan memiliki hak cipta dan ditampilkan hanya sebagai ilustrasi untuk melengkapi informasi di blog ini.


7 komentar

  1. Sctv indosiar + Mncgroup kapan on digital?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belum. Mereka masih nunggu undang-undangnya disahkan.

      Hapus
  2. Transmedia digital di madiun hilang bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Ponorogo ada, tapi macet-macet. Mungkin interferensi dengan TVRI Cemoro Sewu.

      Hapus
  3. Min di magetan yg digital cm ada metro bbs sm magna, yg trans media kok belum ada ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transmedia sebenarnya sudah ada di 43 UHF, cuma agak susah ditangkap. Mungkin masih interferensi dengan TVRI Cemoro Sewu.

      Hapus
    2. Coba discan ulang secara manual di 43 UHF.

      Hapus