10 Bahasa dengan Penutur Terbanyak di Dunia - Blog Anashir

Senin, 04 November 2019

10 Bahasa dengan Penutur Terbanyak di Dunia


Bahasa merupakan suatu cara manusia untuk berkomunikasi. Di dunia ini terdapat banyak sekali bahasa. Menurut data Ethnologue, terdapat 7.111 bahasa di seluruh dunia. Meskipun banyak, tetapi sekitar 2.895 bahasa terancam punah karena hanya dituturkan oleh kurang dari 1.000 penutur. Sedangkan 3.643 bahasa merupakan bahasa daerah yang jumlah penuturnya masih stabil, tetapi tidak dipakai secara resmi oleh suatu negara. Untuk kategori ini pada suatu saat bisa masuk dalam kategori bahasa yang terancam punah. Hanya 573 bahasa yang aman karena dipakai secara resmi oleh suatu negara, media massa, sekolah, dan sebagainya. Dilansir dari Ethnologue, berikut ini adalah bahasa yang paling banyak diucapkan di dunia tahun 2019.

1

BAHASA INGGRIS


Bahasa Inggris (eng) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, sub-rumpun bahasa Jermanik. Bahasa yang berasal dari Britania Raya ini dituturkan oleh 1,13 miliar orang di dunia. Secara resmi dituturkan di puluhan negara di dunia, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan sebagainya. Bahasa Inggris juga diajarkan di berbagai sekolah di seluruh dunia. Sehingga bisa kita katakan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Siapa pun yang ingin mengetahui dunia, maka harus bisa berbahasa Inggris. Bahasa ini bisa menyebar di seluruh dunia karena praktek kolonialisme (penjajahan).

2

BAHASA MANDARIN


Bahasa Mandarin (cmn) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Sino-Tibet. Bahasa yang berasal dari Tiongkok sebelah utara ini dituturkan oleh 1,2 miliar orang di dunia. Secara resmi dituturkan di beberapa negara, yaitu Tiongkok, Taiwan, dan Singapura. Banyaknya penduduk Tiongkok yang mencapai lebih dari 1,4 miliar menjadikan bahasa ini nomor dua bahasa terbanyak di dunia.

3

BAHASA INDIA


Bahasa India (hin) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, sub-rumpun bahasa Indo-Iranian. Bahasa yang berasal dari India sebelah utara ini dituturkan oleh 615 juta orang di dunia. Secara resmi dituturkan di India, namun bahasa ini tidak resmi dituturkan oleh semua daerahnya. India termasuk negara yang tidak mempunyai bahasa nasional. Setiap negara bagian mempunyai bahasa resminya sendiri-sendiri. Meskipun begitu, bahasa India masih masuk dalam 3 bahasa dengan penutur bahasa terbanyak di dunia. Hal itu dikarenakan banyaknya penduduk India yang mencapai lebih dari 1,3 miliar jiwa.

4

BAHASA SPANYOL


Bahasa Spanyol (spa) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, sub-rumpun bahasa Italik. Bahasa ini disebut juga dengan bahasa Kastilia. Bahasa yang berasal dari Spanyol ini dituturkan oleh 534 juta orang di dunia. Secara resmi dituturkan di Spanyol dan beberapa negara di benua Amerika. Bahasa ini merupakan bahasa global dan merupakan bahasa dengan penutur terbanyak ke-4 di dunia. Bahasa ini bisa tersebar di seluruh dunia karena praktek penjajahan pada zaman dahulu.

5

BAHASA PRANCIS


Bahasa Prancis (fra) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, sub-rumpun bahasa Italik. Bahasa ini dituturkan oleh 280 juta orang di dunia. Bahasa yang berasal dari Prancis ini dituturkan secara resmi oleh negara Prancis, Belgia, dan beberapa negara di seluruh dunia. Sama seperti bahasa Inggris dan bahasa Spanyol, bahasa ini juga bisa tersebar luas di seluruh dunia karena praktek penjajahan masa lalu. Saat ini jumlah penuturnya merupakan yang terbanyak ke-5 di dunia.

6

BAHASA ARAB


Bahasa Arab (arb) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Afro-Asiatik, sub-rumpun bahasa Semitik. Bahasa Arab standar dituturkan oleh 274 juta orang di seluruh dunia. Bahasa yang berasal dari jazirah Arab ini dituturkan secara resmi oleh negara-negara di jazirah Arab dan sekitarnya sampai ke benua Afrika bagian utara. Bahasa Arab dapat menyebar karena persebaran agama Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, meskipun bahasa Arab bukanlah bahasa resmi, tetapi bahasa ini dipelajari di madrasah-madrasah dan pondok pesantren.

7

BAHASA BENGALI


Bahasa Bengali (ben) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, sub-rumpun Indo-Iranian. Bahasa yang berasal dari Bangladesh ini dituturkan oleh 265 juta orang di dunia. Bahasa ini secara resmi dituturkan di Bangladesh dan beberapa negara bagian India.

8

BAHASA RUSIA


Bahasa Rusia (rus) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, sub-rumpun bahasa Balto-Slavik. Bahasa yang berasal dari bekas negara Uni Soviet ini dituturkan oleh 258 juta orang di dunia. Bahasa ini secara resmi dituturkan di wilayah Rusia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgistan, dan negara-negara bekas reruntuhan Uni Soviet yang lainnya.

9

BAHASA PORTUGIS


Bahasa Portugis (por) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, sub-rumpun bahasa Italik. Bahasa yang berasal dari Portugal ini dituturkan oleh 234 juta orang di seluruh dunia. Bahasa ini secara resmi dituturkan di negara Portugal, beberapa negara di benua Amerika dan Afrika, bahkan sampai ke Timor Leste. Bahasa Portugis dapat menyebar di seluruh dunia akibat penjajahan di masa lalu.

10

BAHASA INDONESIA


Bahasa Indonesia (ind) merupakan bahasa yang masuk dalam rumpun bahasa Austronesia, sub-rumpun Malayo-Polinesia. Bahasa ini merupakan salah satu macam dari berbagai macam bahasa Melayu. Bahasa yang berasal dari Indonesia ini dituturkan oleh 199 juta orang di dunia. Secara resmi, bahasa ini dituturkan di wilayah negara Indonesia sebagai bahasa kesatuan. Meskipun Indonesia adalah negara bekas jajahan Belanda, tapi tidak banyak yang bisa berbicara bahasa Belanda. Tidak seperti negara lain yang mengikuti bahasa penjajahnya.

Negara Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Beberapa di antaranya masuk dalam 50 besar bahasa di dunia, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Bahasa Jawa berada di urutan ke-24 dengan 68 juta penutur dan bahasa Sunda berada di urutan ke-47 dengan 32 juta penutur. Untuk melihat daftar bahasa daerah di Indonesia, silakan lihat daftar bahasa daerah dengan penutur terbanyak untuk lebih lengkapnya. Meskipun data tidak bisa saya perbarui, karena sekarang data di Ethnologue terkunci dan berbayar. Akan tetapi masih bisa dipakai untuk melihat bahasa daerah yang paling banyak diucapkan.

Demikianlah artikel tentang 10 bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Semoga bermanfaat.