Cara Menulis Rumus (Equation) di Blog

Rumus (equation) matematika sangat penting ditampilkan pada sebuah blog yang berisi artikel-artikel matematika atau fisika. Namun, dalam menulis di blog, terutama blogspot, sangat susah sekali. Hal itu karena Blogspot tidak menyediakan fasilitas tersebut secara default.

Nah, berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara menulis rumus matematika di sebuah blog dengan platform Blogspot. Sebenarnya bukan hanya Blogspot, WordPress pun bisa menggunakan cara ini. Namun, karena saya menggunakan Blogspot untuk membuat artikel ini, jadi saya khususkan untuk Blogspot saja.

Di sini saya akan menjelaskan dua cara mudah menulis rumus matematika di Blogspot. Cara pertama menggunakan sebuah website yang menyediakan penulisan rumus dengan kode LaTeX, yaitu website CodeCogs. Sedangkan yang kedua adalah menggunakan Ms. Office Word.

Menulis Rumus Menggunakan CodeCogs

CodeCogs adalah layanan penyuntingan rumus menggunakan LaTeX atau MATHML, Tetapi yang MATHML masih dalam pengembangan, jadi kita di sini menggunakan LaTeX. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke website CodeCogs di https://www.codecogs.com/ berikut tampilannya:

2. Pilih Equation Editor maka akan tampil seperti ini, kemudian pilih Standalone Editor.

3. Nah, berikut ini tampilan editornya.

4. Kemudian silakan tulis rumus di kotak yang disediakan. Kalau tidak paham LaTeX, pakai saja tombol-tombol  yang ada di atasnya. Misalnya saja saya di sini akan menulis integral dari x3 dx. Maka yang perlu dituliskan adalah kode ini:  \int_{0}^{1}{x}^{3}dx.

5. Silakan salin kode HTML yang muncul di bagian bawah, kemudian tempel ke Editor Blog bagian HTML. Bisa juga dengan cara diunduh gambar rumusnya dan kemudian diunggah ke blog.

6. Maka akan muncul seperti berikut ini:
 
7. Selesai

Itulah cara menulis rumus di blog menggunakan CodeCogs. Mudah bukan? Kalian juga bisa memilih format gambarnya, apakah png atau gif atau lainnya, juga jenis font-nya serta warna background-nya. Silakan dicoba berulang-ulang agar lancar dalam menulis rumus menggunakan kode-kode LaTex.

Menulis Rumus Menggunakan Microsoft Office Word

Nah, kalau di atas saya jelaskan cara menulis rumus matematika menggunakan CodeCogs, maka cara kedua adalah menulisnya menggunakan Ms. Office Word.

Saya termasuk orang yang malas membuka website lain untuk sekadar menulis rumus. Maka dari itu, biasanya saya menggunakan Ms. Word saja. Sudah tahu 'kan kalau di Ms. Word ada fitur equation? Nah, kita menggunakan fitur tersebut untuk menulisnya. Hanya saja di sini diperlukan kemampuan dalam menulis rumus di Ms. Word. Kalau kalian sudah mahir dalam menulis rumus di Ms. Word, pasti tidak kesulitan dalam mengikuti tutorial kali ini. Bagi yang belum bisa, silakan mencoba menulis rumus berulang-ulang di lembar kerja Ms. Word.

Oke, berikut ini langkah-langkah untuk menulis rumus menggunakan Ms. Office Word:

1. Buka Ms. Word dan pilih menu Insert -> Equation
2. Tulis rumus di kotak rumusnya, misalnya saya menulis rumus di atas seperti berikut ini:

3. Simpan dalam format .htm atau .html, klik menu File -> Save As -> Browse. Kemudian pilih tipe file, yaitu Web Page (*htm, *html) seperti berikut ini:

4. Buka lokasi tempat kalian menyimpan file di atas, maka akan ditemukan sebuah folder sesuai dengan nama file-nya. Kira-kira seperti ini:
5. Buka folder tersebut, maka kalian akan menemukan dua buah file dengan format .png seperti ini:
6. File yang terbentuk ada dua, yang satu transparan yang lainnya tidak transparan. Pilih salah satu file kemudian unggah ke blog kalian dengan ukuran asli (original size), Hasilnya seperti berikut ini:
7. Selesai.

Cara menulis rumus di blog menggunakan Ms. Word adalah seperti itu. Silakan banyak berlatih agar semakin mahir dalam menulis rumus.

Itulah dua cara menulis rumus di Blogspot. Silakan pilih yang paling mudah dari dua cara di atas. Sebenarnya ada cara lain yang lebih bagus lagi tampilan rumusnya, yaitu dengan javascript dari MathJax. Cara ini menampilkan rumus secara dinamis dan bukan dalam bentuk gambar. Namun, cara ini akan sangat sulit bagi pemula karena harus tahu kode-kode LaTeX. Mungkin kapan-kapan akan saya berikan tutorial tentang MathJax tersebut.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar