Cara Mengaktifkan HTTPS untuk Custom Domain Blogger (Blogspot)

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, yang merupakan protokol komunikasi internet yang aman bagi penggunanya. Intinya, protokol ini menjaga kerahasiaan antara pengguna dengan situs yang sedang diaksesnya.

Untuk mengaktifkan HTTPS pada sebuah domain, Anda bisa membeli sertifikat SSL di berbagai penyedia layanan SSL. Anda bisa juga membeli di tempat Anda menyewa web hosting. Beberapa penyedia layanan SSL memasang tarif yang sangat tinggi, namun ada pula yang menggratiskannya, contohnya Let's Encrypt. Penyedia layanan CDN seperti CloudFlare juga menggratiskan sertifikat SSL. Namun, memasang sertifikat SSL itu juga sangat sulit. Saya tidak pernah berhasil memasangnya di web hosting yang saya pakai.


Saat ini, di Blogspot sudah bisa mengaktifkan HTTPS untuk domain kustom hanya dengan beberapa langkah mudah.

       Baca pula: Cara Setting Custom Domain Blogger (Blogspot)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke dasbor Blogger Anda. Jika Anda belum mengaktifkan HTTPS, maka di dasbor Anda akan ada notifikasi seperti berikut ini:



Klik tautan yang diberikan, maka Anda akan diarahkan menuju halaman Setelan -> Dasar.


Cari bagian HTTPS dan klik Ya. Kemudian tunggu beberapa saat sampai HTTPS diaktifkan. Setelah itu, maka tombol (yaitu tombol pengalihan HTTPS) di bawahnya akan aktif. Silakan pilih Ya.


Setelah langkah di atas selesai dilakukan, masih ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan. Langkah itu adalah mengganti semua tautan http:// yang ada di blog Anda dengan tautan https:// agar HTTPS bisa berfungsi dengan baik.

Untuk itu, Anda harus masuk ke menu Tema yang ada di dasbor blogger. Kemudian klik Edit HTML seperti pada gambar berikut ini.


Setelah itu, cari semua kata yang mengandung http:// dengan menekan tombol CTRL + F di keyboard Anda dan ganti dengan https://


Setelah semua diganti, masih ada satu langkah lagi. Ganti semua tautan http:// dengan https:// yang ada di postingan Anda satu per satu (resiko Anda jika punya banyak postingan, hehehe...). Caranya, yaitu buka postingan dan pilih HTML seprti pada gambar.


Kemudian dengan cara yang sama, ganti semua tautan yang mengandung http:// dengan https://. Namun, Anda perlu hati-hati, karena tidak semua tautan situs web memiliki sertifikat SSL. Jadi, untuk situs web yang belum HTTPS saya menggunakan pemendek url yang sudah HTTPS, seperti bit.ly.

Nah, kalau semua sudah selesai, silakan akses blog Anda maka akan tampil tanda gembok hijau di browser Anda seperti berikut ini.



Setelah selesai, masukkan lagi situs Anda di Search Console (Webmasters Tools) agar diindeks oleh Google kembali. Ingat, website yang pakai HTTPS sepenuhnya berbeda dengan HTTP.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar