Apa Perbedaan Antara Emoticon dan Emoji?

Banyak dari kita yang tidak tahu perbedaan antara emoticon dan emoji. Kita menganggap kedua hal ini sama saja. Padahal, emoticon dan emoji bukanlah suatu hal yang sama. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Emoticon

Emoticon dalam bahasa Indonesia baku disebut emosikon adalah suatu teks yang terdiri dari beberapa karakter huruf atau simbol yang merepresentasikan emosi pada wajah. Emoticon merupakan akronim dari "emotion icon" atau "ikon emosi".  Emoticon biasanya digunakan pada media yang hanya mendukung teks saja, misalnya SMS.

Emoticon terbagi menjadi dua jenis, yaitu emoticon gaya barat dan emoticon gaya timur. Emoticon gaya barat adalah bentuk emoticon yang biasa digunakan di negara-negara barat. Untuk membaca emoticon gaya barat biasanya dengan memiringkan kepala. Contohnya: ":-)" , ":)" , ":(" , dan ":D"

Sedangkan emoticon gaya timur, terutama digunakan di Jepang dan sekitarnya, cara membacanya tanpa perlu memiringkan kepala. Emoticon gaya timur ini disebut juga dengan kaomoji. Contohnya: "*_*" , "^_^" , "(^O^)" , dan "(°ω°)"

Sejarah penciptaan emoticon sangat panjang dan dimulai dari beberapa puluh tahun yang lalu. Beberapa orang diklaim sebagai penciptanya. Namun, orang yang paling dipercaya sebagai pencipta emoticon adalah Scott Fahlman yang menciptakan emoticon pada tanggal 19 September 1982. Dia mengusulkan penggunaan ":-)" dan ":-(" untuk membedakan tulisan yang serius dan lelucon pada papan pengumuman di Universitas Carnegie Mellon.

Pengertian Emoji

Emoji adalah suatu gambar yang mencakup berbagai macam bentuk, tidak hanya berupa wajah. Emoji berasal dari bahasa Jepang e dan moji. Secara harfiah, e berarti gambar dan moji berarti huruf.

Emoji diciptakan pertama kali oleh Shigetaka Kurita pada tahun 1998/1999. Dia merupakan bagian dari tim pengembangan i-mode, platform internet seluler milik operator seluler Jepang NTT DoCoMo. Sekitar 172 emoji berukuran 12 x 12 piksel diciptakan sebagai fitur pada platform terasebut.

Meskipun awalnya hanya ada di Jepang, tetapi beberapa karakter emoji sudah dimasukkan dalam Unicode. Sehingga bisa dibaca dari berbagai platform di luar Jepang. Saat ini, emoji memiliki bentuk yang sangat beragam dan biasanya dipakai di aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Bentuk emoji bisa berubah tergantung platform yang digunakan untuk membacanya. Kadang-kadang di satu platform tampil sedangkan pada platform lainnua tidak tampil. Hal itu terjadi karena setiap platform mempunyai bentuk emojinya sendiri. Contoh emoji antara lain 😀😁😈💣💗👹👸👮🙆 dan lain sebagainya.

Itulah perbedaan antara emoticon dan emoji. Intinya, emoticon adalah teks yang menggambarkan ekspresi wajah, sedangkan emoji adalah gambar yang menggambarkan berbagai macam bentuk tidak hanya terbatas pada wajah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar