Rabu, 20 September 2017

Pengalaman di Dunia Maya

Dunia maya adalah dunia yang masih bisa dibilang baru bagi saya. Saya mengenal internet ketika diterima di salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya, tahun 2007. Sebelumnya saya sekolah di salah satu pondok pesantren di Ponorogo. Ya, saat itu internet belum begitu dikenal di Ponorogo, apalagi di sekolah saya yang berbasis pondok pesantren.
Ilustrasi
Internet, saya pelajari ketika masa matrikulasi, sebelum mengikuti kuliah reguler. Di salah satu mata kuliah saat matrikulasi, yaitu mata kuliah Komputer. Saat itu dosen menjelaskan tata cara membuat surel (email) menggunakan fasilitas surel gratis dari telkom.net.
Hari-hari berikutnya, saya semakin tertarik mempelajari internet. Setiap hari, saya selalu menyempatkan diri mengunjungi laboratorium komputer. Hal ini berlangsung selama satu tahun, sampai pertengahan tahun 2008. Selama itu, saya hanya mengenal Google, Yahoo!, Mig33, mIRC, dan lain sebagainya. Saat itu belum ada Facebook, Twitter, Instagram, apalagi WhatsApp. Satu-satunya media sosial yang saya tahu hanya Friendster, walaupun saya tidak pernah mendaftar dan tidak pernah aktif di dalamnya.
Pada tahun 2008 akhir hingga 2009, saya mengenal Facebook dan Twitter. Tahun ini juga saya mengenal dunia perbloggingan. Pertama kali, saya mengenal blogspot, kemudian WordPress.com, Multiply, blogdetik, dan lain sebagainya.
Pada tahun 2009 - 2010, saya rajin ke warnet dekat kampus. Setiap pagi saya jalan-jalan sekitar pukul setengah enam. Kemudian mencari sarapan pagi dan ke warnet sebelum masuk kuliah. Dari situ, saya mengenal custom domain di blogspot. Kemudian, saya mendaftarkan domain gratis di dot tk. Saat itu nama domainnya adalah nashir.tk (sekarang domain ini sudah diparkir pihak registri). Kemudian saya juga mencoba belajar membuat blog dengan platform WordPress di hosting gratis 000webhost. Kemudian saya juga berkenalan dengan Google Adsense. Pada saat itu, Google Adsense baru bisa digunakan untuk blog berbahasa Inggris. Sedangkan untuk blog berbahasa Indonesia hanya bisa digunakan di custom search saja. Kemudian, baru beberapa bulan, akun saya sudah disuspend. Karena memang saat itu saya masih awam sekali, sehingga saya sering mengklik iklan sendiri dengan mencari di kolom pencarian kustom.
Tahun 2011, saya pertama kali mempunyai laptop dan dengan itu saya menjadi Wikipediawan hingga menjadi Editor. Namun saat ini saya sudah tidak aktif lagi di sana. Melalui Wikipedia, saya banyak belajar mengenai bahasa Indonesia yang baik. Mengenai kata-kata baku yang harus dipakai, hingga belajar membuat artikel yang baik. Meskipun sampai saat ini saya masih belum bisa menulis dengan baik. Pada tahun ini juga, saya mempelajari CMS (content management system) selain WordPress. Di antaranya adalah Joomla!, Drupal, dan MediaWiki.
Pada tahun 2012, saya memutuskan untuk membeli nama domain yang berbayar, bukan gratisan lagi. Karena menurut rumor yang beredar, jika menggunakan domain dot tk harus memenuhi target kunjungan tertentu. Jika tidak domain akan disuspend. Apalagi domain dot tk, menurut rumor juga, dipandang buruk oleh Google.
Pada bulan Maret 2012, saya mencari registrar untuk membeli domain. Akhirnya saya memilih IDwebhost, karena menurut artikel yang saya baca registrar ini dapat dipercaya karena sudah lama berdiri. Tanpa basa-basi saya langsung membeli domain anashir.com yang pada saat itu harganya Rp.89.000 per tahun. Ini adalah transaksi online pertama saya. Akhirnya domain ini saya gunakan untuk custom domain blogspot.
Sekitar 2 bulan kemudian, saya memutuskan untuk pindah dari blogspot ke hosting berbayar. Agar mudah, saya membeli hosting di penyedia yang sama dengan penyedia nama domain. Saat itu, saya membeli paket idBasic yang harganya sekitar Rp.5000 per bulan. Paket ini kemudian saya upgrade menjadi idPremedium sampai saat ini.
Pada tahun ini juga saya memutuskan untuk mendaftar lagi di Google Adsense yang akhirnya disetujui. Namun karena beberapa hal akun itu saya tutup permanen karena payee name saya berbeda dengan KTP. Sebenarnya hanya berbeda di nama depan saja, Untuk masalah ini bisa dibaca di "Mari Manfaatkan Blog sebagai Ladang Penghasilan".
Lalu saya mencoba mendaftar lagi setelah menutupnya pada pertengahan tahun 2013. Akhirnya setelah puluhan kali mendaftar, saya diterima kembali menjadi publisher pada akhir tahun 2013.
Pada tahun 2014, saya lulus kuliah dan mendapat gelar sarjana sains. Kok lama ya? Hehehe... Kemudian, karena saya harus mengabdi di pondok asal, maka blog saya akhirnya terbengkalai dan tidak terurus selama bertahun-tahun (hanya sesekali saya cek dan mungkin menulis beberapa artikel). Alhamdulillah, selama masa vakum saya bisa payout dari Adsense dua kali.
Akhirnya, pada tahun 2017 ini saya kembali aktif ngeblog lagi. Ada beberapa subdomain yang saya hapus dan ada satu subdomain yang saya pindah ke domain utama, yaitu edu.anashir.com yang berada di blogspot saya pindah ke www.anashir.com dan menggunakan WordPress. Akhirnya saya jadikan anashir.com menjadi sarana edukasi untuk pelajar SMP sampai SMA khususnya untuk pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi.
Ternyata, setelah saya pindah ke domain utama dan bukan subdomain lagi, pengunjungnya selalu naik dan menghabiskan banyak bandwidth. Akhirnya saya pindahkan gambar-gambar saya ke Cloudinary, mumpung gratis dan kapasitasnya besar mencapai 10 GB dengan bandwidth 20 GB per bulan. Bandwidth yang melebihi paket hosting saya yang hanya 15 GB per bulan.
Ingin sebenarnya pindah ke web hosting yang murah dan bandwidth unlimited, tetapi saya masih takut jika nantinya kualitas hosting dan customer supportnya kurang bagus. Karena katanya tidak ada yang unlimited di dunia ini. Apalagi setelah saya mengunjungi web hosting yang menyediakan bandwidth unlimited, ternyata ada estimasi pengunjungnya. Misalnya, yang harganya hampir sama dengan paket hosting saya ini, estimasi pengunjungnya adalah 500 – 700 kunjungan per hari. Padahal pengunjung domain utama saya sudah 2000-an per hari.
Ya, mungkin nanti saya upgrade saja paketnya di web hosting saya ini. Karena saya masih betah di sini. Sudah 5 tahun lebih saya mempercayakan blog saya di web hosting ini. Sehingga susah juga untuk melupakan jasa-jasanya selama ini.
Akhir kata, terima kasih sudah mengunjungi blog saya dan membaca artikel saya yang tidak jelas ini. Semoga saya ke depannya bisa lebih konsisten lagi dalam menulis. Aamiin.

This Is The Newest Post

Silakan masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda untuk berkomentar di blog ini. Komentar yang Anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tidak akan disetujui.
EmoticonEmoticon