Selasa, 05 September 2017

10 Nama Domain Terpopuler Tahun 2017

Nama domain digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer di internet. Jadi pengunjung tidak perlu mengetikkan angka-angka yang rumit yang disebut IP address. Saat ini penggunaan nama domain ini sudah sangat banyak. Berdasarkan data dari CENTR, pada kuartal kedua tahun 2017 jumlah nama domain adalah 312 juta domain.

Domain terpopuler

Berikut ini adalah domain TLD (top-level domain) yang paling populer di dunia berdasarkan data dari CENTR pada kuartal kedua tahun 2017.

1) .com

Domain .com (dot com) adalah domain gTLD (generic tp-level domain) yang paling banyak dikenal oleh banyak orang, baik itu bagi yang sudah lama kenal dengan internet atau yang baru mengenal internet. Domain .com adalah domain yang paling populer di dunia dengan jumlah 127,7 juta domain. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1985.

Kata .com adalah singkatan dari commercial yang pada awalnya hanya dapat didaftarkan khusus oleh organisasi/perusahaan komersial. Namun belakangan pendaftaran domain ini dibuka untuk umum sehingga menjadi yang paling populer di dunia.

Harga domain .com berdasarkan data dari tiga registrar domain yang terakreditasi ICANN di Indonesia pada bulan September 2017 sangat bervariasi. Harga domain ini untuk pembelian baru, perpanjangan, dan transfer di ResellerCamp (Jogjacamp) berharga $9.24 per tahun. Sementara di Digital Registra (Rumahweb Indonesia) berharga $8.11 per tahun. Kemudian di ResellerID (Ardh Global Indonesia) berharga $10.19 per tahun. Harga restore di masing-masing registrar tersebut secara berurutan adalah $92.40, $58.11, dan $101.9.

2) .cn

Domain .cn (dot cn) adalah salah satu ccTLD (country code top-level domain) untuk negara Tiongkok. Kata .cn adalah singkatan dari China (Tiongkok). Domain ini sangat terkenal di daratan Tiongkok, sehingga menjadikannya sebagai domain ccTLD terbesar di dunia. Jumlahnya adalah sebanyak 20,9 juta domain. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1990.

Harga domain ini sangat bervariasi mulai dari $6.99 per tahun sampai dengan $145.00 per tahun. Di GoDaddy, untuk pembelian baru harga domain ini $6.99 per tahun dan untuk perpanjangan dan transfer $9,99 per tahun. Di 101domain, untuk pembelian baru harga domain ini adalah $29.99 per tahun dan untuk perpanjangan harganya $34.99 per tahun serta untuk transfer adalah $14.99 per tahun. Di Instra, harga pembelian baru dan perpanjangannya adalah $145.00 per tahun.

3) .de

Domain .de (dot de) adalah salah satu ccTLD untuk negara Jerman. Kata .de adalah singkatan dari Deutschland (Jerman). Domain ini adalah domain ccTLD terpopuler kedua setelah dot cn. Jumlahnya adalah 16,2 juta domain. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1986.

Harga domain ini juga sangat bervariasi, mulai dari $3.45 sampai $77.53 per tahun. Di OVH, harga domain ini untuk pembelian baru dan transfer adalah $3,45 per tahun dan untuk perpanjangannya $5.16 per tahun. Di GoDaddy, harga baru dan perpanjangan domain ini adalah $7,99 per tahun. Sementara di Namecheap harga baru dan perpanjangannya adalah $9.85 per tahun. Sedangkan di Netcetera harga baru, perpanjangan, dan transfer dari domain ini mencapai $77.53 per tahun.

4) .net

Domain .net (dot net) adalah domain gTLD terpopuler kedua setelah dot com. Jumlahnya mencapai 14,9 juta domain. Kata .net adalah singkatan dari network yang pada mulanya dikhususkan untuk organisasi/perusahaan teknologi jaringan, namun saat ini sudah biasa digunakan oleh umum. Domain dot net ini banyak dipakai sebagai alternatif pengganti dari dot com. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1985.

Harga domain .net berdasarkan data dari tiga registrar domain yang terakreditasi ICANN di Indonesia pada bulan September 2017 sangat bervariasi. Harga domain ini untuk pembelian baru, perpanjangan, dan transfer di ResellerCamp (Jogjacamp) berharga $10.29 per tahun. Sementara di Digital Registra (Rumahweb Indonesia) berharga $9.95 per tahun. Kemudian di ResellerID (Ardh Global Indonesia) berharga $9.59 per tahun. Harga restore di masing-masing registrar tersebut secara berurutan adalah $102.90, $60.00, dan $95.9.

5) .uk

Domain .uk (dot uk) adalah domain ccTLD untuk negara Britania Raya (Inggris) dan merupakan ccTLD terpopuler ketiga setelah dot de. Kata .uk adalah singkatan dari United Kingdom. Sebelumnya Britania Raya menggunakan domain .gb yang merupakan singkatan dari Great Britain, namun domain ini sudah tidak dipakai lagi sekarang. Domain .uk saat ini berjumlah 10,7 juta domain. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1985.

Harga baru domain ini berkisar antara $6.45 sampai dengan $35.00 per tahun. Di OVH harga barunya adalah $6.45 per tahun sedangkan untuk perpanjangannya $3.86 per tahun. Di Namecheap harga baru dan perpanjangannya adalah $7.58 per tahun dan harga transfernya $5.99 per tahun. Sedangkan di Wenames.ca harga baru, perpanjangan, dan transfer domain ini adalah $35.00 per tahun.

6) .org

Domain .org (dot org) adalah domain gTLD terpopuler ketiga setelah dot net. Jumlahnya saat ini adalah 10,4 juta domain. Kata .org merupakan singkatan dari organization yang pada mulanya diperuntukkan bagi organisasi non-profit. Namun, saat ini syarat tersebut sudah dihilangkan. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1985.

Harga domain .org berdasarkan data dari tiga registrar domain yang terakreditasi ICANN di Indonesia pada bulan September 2017 sangat bervariasi. Harga domain ini untuk pembelian baru, perpanjangan, dan transfer di ResellerCamp (Jogjacamp) berharga $11.73 per tahun. Sementara di Digital Registra (Rumahweb Indonesia) berharga $9.42 per tahun. Kemudian di ResellerID (Ardh Global Indonesia) berharga $10.5 per tahun. Harga restore di masing-masing registrar tersebut secara berurutan adalah $117.30, $59.42, dan $105.


7) .info

Domain .info (dot info) adalah domain gTLD terpopuler keempat setelah dot org. Saat ini jumlahnya mencapai 5,9 juta domain. Kata .info merupakan kependekan dari information tetapi dalam pendaftarannya tidak diperlukan syarat tertentu. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 2001.

Harga domain .info berdasarkan data dari tiga registrar domain yang terakreditasi ICANN di Indonesia pada bulan September 2017 sangat bervariasi. Harga domain ini untuk pembelian baru, perpanjangan, dan transfer di ResellerCamp (Jogjacamp) berharga $12.77 per tahun. Sementara di Digital Registra (Rumahweb Indonesia) berharga $10.65 per tahun. Kemudian di ResellerID (Ardh Global Indonesia) berharga $13.74 per tahun. Harga restore di masing-masing registrar tersebut secara berurutan adalah $127.70, $60.00, dan $137.40.

8) .nl

Domain .nl (dot nl) adalah domain ccTLD untuk negara Belanda. Domain ini adalah domain ccTLD terpopuler keempat setelah dot uk. Jumlah domain .uk pada saat ini adalah 5,7 juta domain. Kata .uk adalah singkatan dari Netherlands (Belanda). Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1986.

Harga baru domain ini berkisar antara $4.99 sampai dengan $105.00 per tahun. Di 1&1, harga baru dan transfer domain ini adalah $4.99 per tahun, sedangkan untuk perpanjangan dihargai $7.99 per tahun. Sementara di GoDaddy, harga baru dan perpanjangannya dihargai $7.99 per tahun. Sedangkan di Instra harga baru dan perpanjangannya dihargai $105.00 per tahun.

9) .ru

Domain .ru (dot ru) adalah domain ccTLD untuk negara Rusia dan termasuk ccTLD terpopuler kelima setelah dot nl. Jumlah domain .ru saat ini adalah 5,5 juta domain. Kata .ru  merupakan singkatan dari Russia. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 1994.

Harga domain .ru berkisar antara  $4.99 sampai $105.00 untuk pembelian baru. Di AlpNames, harga domain ini baik baru maupun perpanjangan adalah  $4.99 per tahun. Sementara itu, di GoDaddy adalah $14.99 per tahun. Sedangkan di Instra mencapai $105.00 per tahun.

10) .xyz

Domain .xyz (dot xyz) merupakan domain gTLD baru yang dirilis pada tahun 2014. Kata .xyz mewakili generasi-X yang lahir antara tahun 1965-1976, generasi-Y yang lahir tahun 1977-1995, dan generasi-Z yang lahir tahun 1996-sekarang. Meskipun masih baru, namun pertumbuhan domain ini sangat cepat apalagi setelah perusahaan induk Google, yaitu Alphabet menggunakan domain ini di http://abc.xyz. Saat ini jumlah domain ini adalah 5,2 juta domain.

Harga domain .xyz berdasarkan data dari registrar domain yang terakreditasi ICANN di Indonesia pada bulan September 2017 sangat bervariasi. Harga domain ini untuk pembelian baru di ResellerCamp (Jogjacamp) adalah $8.34 dan untuk perpanjangan dan transfer dihargai $9.59 per tahun. Sementara di Digital Registra (Rumahweb Indonesia), baik untuk pembelian baru, perpanjangan, maupun transfer dihargai $9.11 per tahun. Harga restore di masing-masing registrar tersebut secara berurutan adalah $95.90 dan $69.11.

Catatan
Data di atas tidak termasuk .tk (dot tk, domain untuk wilayah Tokelau), karena domain ini tidak dapat dipercaya dan tidak konsisten. Sebenarnya, .tk termasuk domain terpopuler nomor 3 di dunia setelah dot cn, jumlah dari dot tk adalah sekitar 18 juta domain. Namun karena domain ini diedarkan secara cuma-cuma alias gratis dan jika tidak memenuhi syarat langsung disuspend, maka domain ini jumlahnya jadi tidak menentu dan tidak konsisten atau berubah-ubah. Apalagi, banyak dari domain ini digunakan untuk scam, phising, dan spam menyebabkan domain ini memiliki reputasi yang buruk.

Sumber: https://www.centr.org/statistics-centr/quarterly-reports.html

Silakan masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda untuk berkomentar di blog ini. Komentar yang Anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tidak akan disetujui.
EmoticonEmoticon