Cara Menginstal WordPress Secara Manual di Web Hosting

Sabtu, 03 Mei 2014

Sebelumnya saya sudah menyampaikan tutorial cara menginstal WordPress di localhost. Nah, kali ini saya akan memberikan tutorial menginstal WordPress secara manual di web hosting yang berbasis cPanel. Kenapa saya menggunakan kata manual? Karena ada cara yang otomatis yaitu dengan menggunakan Softaculous, Fantastico, atau aplikasi penginstal otomatis lainnya. Insya Allah pada tutorial berikutnya saya akan memberikan tutorial penginstalan WordPress dengan menggunakan Softaculous.

Cara menginstal di web hosting sebenarnya mirip dengan cara menginstal di localhost. Hanya saja yang membedakan adalah pembuatan database-nya.

Sebelum Anda mencoba cara ini pastikan bahwa Anda sudah memiliki domain dan hosting. Anda juga bisa mendapatkan domain gratis (misalnya domain dot tk) dan hosting gratis (tapi untuk hosting gratis biasanya tidak menggunakan cPanel). Oke, jika Anda sudah punya domain dan hosting, mari langsung saja kita mulai tutorial ini!

Pembuatan Database dengan MySQL Database Wizard

Pertama kali yang dilakukan adalah masuk (log in) terlebih dahulu ke cPanel Anda dan cari menu MySQL Database Wizard di bagian Databases seperti gambar di bawah ini:
Kemudian setelah masuk ke dalam wizard tersebut, silakan buat database baru dengan nama terserah Anda lalu klik Next Step. Kalau saya di sini mencontohkan dengan nama "he3knc1_newdb". Lihat gambar berikut ini:
Pada langkah berikutnya, akan diminta pembuatan username dan password. Pastikan Anda dapat menghafalnya (atau setidaknya Anda catat terlebih dahulu) dan pastikan juga password yang Anda gunakan aman. Di sini username yang saya buat bernama "he3knc1_newuser" dan password yang saya gunakan adalah "passwordmu" (hanya contoh saja, lebih baik cari password yang sulit).
Langkah selanjutnya kita akan disuguhi pengaturan izin untuk database yang kita buat. Beri tanda centang pada ALL PRIVILEGES sehingga kita mengizinkan semuanya. Hal ini digunakan untuk mengizinkan user yang kita buat tadi "he3knc1_newuser" melakukan apa saja terhadap database "he3knc1_newdb". Anda juga dapat memilihnya sendiri, namun jika Anda bingung mau memilih apa, lebih baik centang ALL PRIVILEGES saja. Setelah itu klik Next Step.
Oke, sampai di sini pembuatan database telah selesai dilakukan. Pastikan Anda mencatat nama database yang Anda buat tadi beserta username dan passwordnya karena akan digunakan dalam menginstal WordPress.

Pengunggahan WordPress ke File Manager

Setelah pembuatan database, kita memasuki bagian cara mengunggah WordPress ke file manager. Namun, sebelumnya silakan unduh terlebih dahulu berkas WordPress terbaru di http://wordpress.org. Berkas yang Anda unduh akan memiliki format .zip atau .tar.gz dengan ukuran antara 5-6 MB.

Oke, sembari pengunduhan berjalan, silakan buka halaman awal cPanel dan klik menu File Manager di bagian Files seperti yang dilingkari merah pada gambar berikut ini:
Setelah terbuka, silakan menuju ke folder public_html lalu klik bagian upload seperti yang dilingkari merah pada gambar berikut ini.
Pastikan foldernya adalah public_html jika Anda ingin menginstal untuk domain utama bukan subdomain. Pastikan pula pengunduhan WordPress yang dilakukan tadi telah selesai.

Nah, setelah klik bagian Upload, maka akan terbuka halaman pengunggahan seperti berikut ini.
Kemudian silakan pilih file WordPress yang telah diunduh tadi dan pilih open, maka secara otomatis berkas tersebut akan diunggah, tunggu sampai pengunggahan selesai. Kemudian silakan kembali ke folder public_html, maka file WordPress telah ada di folder tersebut (jika belum ada silakan klik tombol Reload). File WordPress tersebut masih berformat .zip atau .tar.gz sehingga perlu untuk diekstrak. Silakan ekstrak file tersebut dengan cara klik kanan kemudian pilih Extract (lihat gambar).
Setelah diekstrak maka akan ada sebuah folder dengan nama wordpress. Masuk ke dalam folder tersebut, kemudian pilih semua berkas yang ada di dalamnya dan pindahkan ke folder depan yaitu public_html. Caranya adalah setelah semua dipilih, klik kanan kemudian pilih Move seperti gambar berikut ini.
Kemudian hapus tulisan wordpress di bagian public_html/wordpress sehingga tinggal public_html saja seperti gambar berikut ini:
Kemudian klik Move File(s). Maka berkas-berkas yang ada di dalamnya akan pindah ke folder public_html. Setelah itu hapus file wordpress.zip hasil dari pengunggahan tadi dan juga folder wordpress yang telah kosong seperti gambar berikut ini (tidak dihapus juga tidak apa-apa sih):
Oke begitulah cara pengunggahan berkas WordPress ke file manager. Berikutnya adalah tahap penginstalan.

Penginstalan WordPress

Setelah selesai mengunggah berkas-berkas WordPress, kita akan melangkah ke cara penginstalan WordPress. Langkah-langkahnya sebenarnya mirip dengan penginstalan WordPress di localhost.

Silakan buka nama domain Anda di browser (misalnya: http://domain.com) maka akan muncul tampilan berikut ini:
Silakan klik Create a Configuration File maka akan tampil halaman informasi database. Nah, di sinilah data-data tentang database tadi diperlukan (seperti nama database, username, dan password). Isi kolom-kolom yang ada dengan informasi database yang telah dibuat. Di sini saya isi kolom-kolom tersebut sesuai dengan yang saya buat tadi, yaitu Database Name saya isi dengan "he3knc1_newdb", User Name dengan "he3knc1_newuser", Password saya isi dengan "passwordmu", dan dua kolom lainnya dibiarkan saja dengan isi standarnya.Setelah semua terisi klik submit.
Kita akan diarahkan menuju informasi script yang harus diisikan ke berkas wp-config.php. Hal ini terjadi karena hosting tidak dapat membuat sendiri berkas tersebut dikarenakan tidak memiliki izin untuk membuat atau mengubah sehingga perlu dilakukan cara manual. Jika hosting Anda bisa membuat wp-config.php secara otomatis, lewati bagian ini dan langsung klik Run the Install.
Salin semua kode yang ditunjukkan tersebut dan tempel ke dalam notepad kemudian simpan dengan nama wp-config.php, kemudian unggah file tersebut ke folder public_html. Setelah itu silakan klik Run the Install maka akan muncul beberapa kolom yang harus diisi dengan informasi website yang akan kita buat.
Setelah semua terisi klik Install WordPress maka akan muncul keterangan bahwa pembuatan website telah berhasil.
Silakan login ke dasbor Anda dengan username dan password Anda dan tutorial ini pun telah selesai. Berikut ini adalah tampilan dasbor untuk WordPress 3.9 dan tampilan halaman awal website dengan tema bawaan Twenty Fourteen.
Dasbor WordPress
Halaman Situs dengan Tema Twenty Fourteen
Insya Allah untuk tutorial selanjutnya saya akan memberikan cara setting WordPress dan juga cara instal WordPress menggunakan Softaculous seperti yang saya janjikan di atas. Terima kasih.

 

Tulisan Terbaru