Rabu, 07 Mei 2014

Cara Menginstal WordPress Menggunakan Softaculous

Pada tutorial sebelumnya, saya sudah menyampaikan tentang cara menginstal WordPress di localhost dan juga cara menginstal secara manual di web hosting. Nah, kali ini saya akan menyampaikan tutorial cara menginstal WordPress menggunakan Softaculous.

Softaculous dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan berbagai macam script yang dapat diinstal secara otomatis ke web hosting. WordPress merupakan salah satu script website yang ada di Softaculous ini. Selain WordPress, ada pula script-script yang lain seperti Joomla!, Drupal, Zikula, phpBB, Moodle, OpenX, dan berbagai script yang lainnya.

Jika pada tutorial sebelumnya kita harus membuat database terlebih dahulu, maka pada tutorial ini kita tidak perlu membuatnya. Database akan secara otomatis ditambahkan oleh sistem pada saat penginstalan. Nah, karena database dibuat secara otomatis, kita tidak tahu username dan password untuk databasenya. Namun ada cara untuk mengetahuinya, yaitu dengan membuka file wp-config.php di file manager.
.
Sebelum kita mulai tutorial ini pastikan bahwa Anda telah memiliki domain dan hosting sendiri. Pastikan pula terdapat Softaculous di cPanel-nya.

Pertama-tama yang dilakukan adalah membuka cPanel lalu cari bagian Softaculous dan klik logo WordPress seperti pada gambar berikut ini:
Kemudian akan terbuka halaman penginstalan WordPress di sofaculous, kemudian silakan klik Install. Lihat gambar berikut ini:
Kemudian isi beberapa kolom yang ada di tahap selanjutnya. Untuk lebih lengkapnya silakan lihat gambar berikut ini (klik gambar untuk memperbesar):
Jika sudah diisi silakan klik Submit, kemudian penginstalan akan berjalan secara otomatis. Seperti berikut ini:
Jika berhasil, maka akan tampak keterangan seperti berikut ini:
Oke, kita sudah selesai menginstal WordPress menggunakan Softaculous. Setelah menginstal, Anda dapat log ini ke dasbor situs Anda di http://www.domainmu.com/wp-admin/. Terima kasih.

Nah, itulah cara menginstal WordPress menggunakan Softaculous. Bagaimana? Mudah bukan?

Dengan demikian, bab tentang instal-menginstal WordPress telah selesai. Berikutnya saya akan memberikan tutorial tentang WordPress ini secara bertahap mulai dari pengaturan-pengaturan yang ada di WordPress, kustomisasi (tema dan plugin), memasukkan artikel ke daftar pencarian Google, cara backup, dan monetisasi (menghasilkan uang dari situs/blog).

Silakan masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda untuk berkomentar di blog ini. Komentar yang Anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tidak akan disetujui.
EmoticonEmoticon