Selasa, 24 September 2013

Inilah Gerhana Matahari di Planet Mars

NASA melalui penjelajah Mars-nya yaitu Curiosity berhasil mengabadikan dua buah momen ketika kedua satelit Mars transit di Matahari. Kedua satelit Mars yaitu Phobos dan Deimos diabadikan sedang melintasi matahari sehingga yang dalam bahasa di bumi disebut ‘gerhana’. Gambar pertama yang diabadikan yaitu satelit yang kecil yaitu Deimos sedang melintasi matahari sehingga terjadi gerhana matahari mini. Gambar tersebut diabadikan pada hari Senin 17 September 2012.

Gambar ini menunjukkan Deimos sedang melintasi matahari pada 17 September 2012.

Sementara itu satelit yang lebih besar, Deimos menutupi matahari di Mars sebelum Phobos yaitu pada hari Kamis tanggal 13 September 2012. Dalam gambar yang menunjukkan gerhana ini, matahari terlihat seperti memiliki mulut yang terbuka.

Dalam gambar ini terlihat matahari seperti memiliki mulut karena tertutup oleh Phobos.

Seperti diketahui, Mars memiliki dua buah satelit yaitu Phobos dan Deimos. Phobos merupakan satelit terbesar Mars dan Deimos yang terkecil. Namun, sebenarnya perbedaan besar kedua satelit ini sangat kecil. Kedua satelit ini hanya memiliki perbedaan diameter sekitar 10 km. Phobos memiliki diameter 22,2 km dan Deimos 12,6 km. Namun di kedua gambar di atas perbedaan keduanya terlihat sangat ekstrim, di mana Deimos kelihatan sangat kecil. Hal itu terjadi karena jarak Deimos sangat jauh terhadap Mars dibandingkan Phobos. Jarak Deimos ke Mars sekitar 23460 km dan Phobos ke Mars sekitar 9377 km.


Sumber gambar: NASA Curiosity dan Wikimedia Commons

Silakan masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda untuk berkomentar di blog ini. Komentar yang Anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tidak akan disetujui.
EmoticonEmoticon