10+ Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2013

Selasa, 11 Juni 2013

Edisi kelima QS University Rankings menunjukkan penurunan peringkat untuk perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2013. Penurunan peringkat ini sebenarnya telah terjadi sejak tahun 2009 yang lalu. Menurut pimpinan QS, Ben Sowter, penurunan peringkat ini diakibatkan oleh krisis keuangan sehingga perguruan tinggi di Indonesia kesulitan mengimbangi perkembangan pesat di negara lain kawasan Asia.

“Di tahun-tahun sejak terjadi krisis keuangan universitas-universitas Indonesia kesulitan mengimbangi pembangunan pesat yang terjadi di negara-negara lain seperti Cina, Hong Kong, Singapura dan Korea,” ujar Ben Sowter seperti dilansir oleh BBC Indonesia.

Pada tahun 2013 ini, satu-satunya perguruan tinggi yang masuk ke dalam peringkat 100 besar perguruan tinggi di Asia adalah Universitas Indonesia (UI) yang berada di peringkat 64. Perguruan tinggi ini juga mengalami penurunan peringkat, di mana pada tahun 2012 lalu UI berada di peringkat 50.

Perguruan tinggi terbaik di Asia menurut survey QS adalah Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (The Hong Kong University of Science and Technology). Sementara itu, perguruan tinggi terbaik di dunia masih diduduki oleh MIT atau Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology) yang pada edisi tahun 2012 juga menjadi perguruan tinggi terbaik di dunia.

Peringkat yang dikeluarkan oleh QS ini ditentukan oleh enam indikator, di antaranya reputasi akademik, reputasi di kalangan pengguna lulusan, dan proporsi mahasiswa asing. Nah, berikut ini adalah 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut QS University Rankings pada tahun 2013;

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau biasa disingkat UI berada di peringkat 64 untuk kawasan Asia sama dengan Universitas Nasional Pusan (Pusan National University), Korea Selatan. Perguruan tinggi yang terletak di Depok ini ditulis di urutan ke-65 di bawah Universitas Nasional Pusan.

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau biasa disingkat ITB berada di peringkat 129 untuk kawasan Asia. Peringkat ITB ini sama dengan Universitas Teknologi Dalian (Dalian University of Technology) yang terletak di China dan Universitas Gifu (Gifu University) yang terletak di Jepang. Perguruan tinggi yang terletak di Bandung ini ditulis di urutan ke-129, sama dengan peringkatnya.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau biasa disingkat UGM berada di peringkat 133 untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Yogyakarta ini memiliki peringkat yang sama dengan perguruan tinggi di Taiwan, yaitu Universitas Nasional Teknologi Taipei (National Taipei University of Technology). Perguruan tinggi ini ditulis di bawah Universitas Nasional Teknologi Taipei, yaitu di urutan ke-134.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau biasa disingkat Unair berada di peringkat 145 untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Surabaya ini berada di bawah Universitas Miyazaki (University of Miyazaki), Jepang. Unair ditulis di urutan ke-145 sesuai dengan peringkatnya karena yang berada di peringkat tersebut hanya satu perguruan tinggi.

5. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau biasa disingkat IPB berada di peringkat antara 201-250 (tidak dijelaskan secara rinci oleh QS University Rankings) untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Bogor ini ditulis di urutan ke-203 di bawah Universitas Pengobatan Cina Beijing (Beijing University of Chinese Medicine), Cina.

6. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau biasa disingkat Undip berada di peringkat antara 201-250 (tidak dijelaskan secara rinci oleh QS University Rankings) untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Semarang ini ditulis di urutan ke-208 di bawah Universitas Kristen Chung Yuan (Chung Yuan Christian University), Taiwan.

7. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat Unpad berada di peringkat antara 201-250 (tidak dijelaskan secara rinci oleh QS University Rankings) untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Bandung ini ditulis di urutan ke-231 di bawah Universitas Kelautan Cina (Ocean University of China).

8. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB berada di peringkat antara 201-250 (tidak dijelaskan secara rinci oleh QS University Rankings) untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Malang ini ditulis di urutan ke-243 di bawah Universitas Malaysia Perlis (University Malaysia Perlis).

9. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan atau biasa disingkat UPH berada di peringkat antara 251-300 (tidak dijelaskan secara rinci) untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di beberapa kota di Indonesia (Tangerang, Jakarta, dan Surabaya) ini ditulis di urutan ke-277 di bawah Universitas Northwest (Northwest University), Cina.

10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau biasa disingkat ITS ini berada di peringkat antara 251-300 (tidak dijelaskan secara rinci) untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Kota Surabaya ini ditulis di urutan ke-278 di bawah Universitas Pelita Harapan (UPH).

11. Universitas Udayana

Universitas Udayana atau biasa disingkat Unud ini berada di peringkat antara 251-300 (tidak dijelaskan secara rinci) untuk kawasan Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Bali ini ditulis di urutan ke-289 di bawah Universitas Tunghai (Tunghai University), Taiwan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang Anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tidak akan disetujui.