Jumat, 31 Mei 2013

10 Pareidolia dan Ilusi Teraneh di Planet Mars

Pareidolia sering terjadi ketika seseorang melihat awan di langit dan menganggap bentuknya menyerupai hewan, wajah, dan lainnya. Contoh lainnya adalah bentuk muka bulan yang dianggap menyerupai kelinci, pria, dan menurut orang Jawa menyerupai seorang ibu yang menggendong anaknya. Pareidolia merupakan fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting [Wikipedia].

Nah, foto-foto planet Mars yang diambil baik itu dari teleskop atau wahana penjelajah ruang angkasa, juga sering menimbulkan pareidolia dan ilusi. Berikut ini adalah 10 pareidolia dan ilusi di planet Mars teraneh;

1. Wajah

mars-pareidolia-1
‘The Face of Mars’ — NASA Viking 1 Orbiter, 1976 (NASA/JPL-Caltech)

“Wajah” di permukaan planet Mars ini diambil oleh Viking 1 Orbiter pada tahun 1976. Gambar ini menunjukkan dataran tinggi di wilayah Cydonia, Mars. “Wajah” di permukaan planet Mars ini merupakan pareidolia di planet Mars yang paling terkenal sepanjang masa. Saat ini “wajah” di permukaan planet Mars diyakini hanya sebuah ilusi optis. Berdasarkan foto-foto terbaru dengan resolusi tinggi, gambar ini hanyalah sebuah kenampakan geologi yang alami. Bentuk wajah mungkin akan muncul tergantung pada sudut penglihatan dan juga pencahayaan. Namun, foto ini memberikan inspirasi bagi banyak buku dan film fiksi-ilmiah. Salah satu film yang memiliki latar “wajah” di planet Mars adalah film Mission to Mars.

2. Tikus Mars

mars-pareidolia-2
“The Mars Rat” — NASA Mars Science Laboratory, 2012 (NASA/JPL-Caltech)

“Tikus” di permukaan Mars ini diambil oleh wahana penjelajah Mars milik NASA, Curiosity, pada tanggal 28 September 2012. Mata yang tajam dan imajinasi yang tinggi dari penggemar UFO menyadari ada tikus yang bersembunyi di balik bebatuan di foto tersebut. Lalu siapakah yang membawa tikus itu hingga samapai di Mars? Ataukah memang ada kehidupan seperti tikus di planet Mars? Itu semua hanya asumsi dari para penggemar UFO yang memiliki imajinasi yang tinggi. Namun jika dianalisa dengan pikiran yang logis dan tidak dibuat-buat, foto itu menunjukkan sebuah batu yang jika dilihat dari sudut tertentu mirip dengan tikus.

3. Pohon di Perbukitan

mars-pareidolia-3
Trees on Mars? — NASA Mars Reconnaissance Orbiter (HiRISE), 2011 (NASA/JPL-Caltech/Univ. of Ariz.)

Lihatlah foto bukit-bukit yang memiliki sejumlah “pohon” di atas! Sangat indah ya? Foto itu diambil oleh NASA Mars Reconnaissance Orbiter (HiRISE) pada tahun 2011. Tapi tunggu dulu, bukankah itu di Mars? Adakah pohon di Mars? Sebenarnya hal itu adalah ilusi optis yang sangat indah. “Pohon-pohon” itu adalah aliran materi gelap yang meluncur dari puncak bukit pasir beberapa ratus kilometer sebelah selatan dari kutub utara planet. Luncuran tersebut disebabkan oleh pencairan dan sublimasi karbon dioksida beku karena belahan Mars utara sedang mengalami musim panas.

4. Bigfoot

mars-pareidolia-4
“Mars Bigfoot” (a.k.a. “Mars Yeti”) — NASA Mars Exploration Rover Spirit, 2008 (NASA/JPL-Caltech)

Foto ini adalah bukti adanya kehidupan alien di Mars! Mungkin begitulah pikiran orang yang baru pertama kali melihat foto ini. Foto ini menunjukkan sebuah objek yang menyerupai “bigfoot” (di Bumi, bigfoot juga masih menjadi misteri). Foto ini diambil oleh wahana eksplorasi Mars, Rover Spirit, milik NASA pada tahun 2008. Lalu apakah itu benar-benar “bigfoot” di permukaan Mars? Tunggu dulu, obyek itu hanya berukuran 6 sentimeter dan itu terbuat dari batu.

5. Artefak Alien

mars-pareidolia-5
Alien artifacts? — NASA Mars Exploration Rover Opportunity, 2008 (NASA/JPL-Caltech)

Jika betul ada alien di planet Mars, pasti ada bukti peninggalan alien tersebut. Foto di atas dianggap sebagai artefak dari alien di planet Mars yang menunjukkan teknologi dan seni mereka. Foto tersebut diambil oleh wahana penjelajah Mars, Opportunity, pada tahun 2008 yang menunjukkan sebuah tebing berbatu di daerah kawah Victoria, Mars. Nah, di foto tersebut diyakini ada sebuah pahatan patung (exhibit A) yang menyerupai patung Firaun dan komponen pesawat ruang angkasa (exhibit B) yang setengah terkubur ke dalam pasir. Namun sayangnya kedua benda itu hanya berupa batu biasa yang kebetulan berbentuk seperti itu.

6. Burung Beo Mati

mars-pareidolia-6
The Mars Parrot” — NASA Mars Global Surveyor, 2002 (NASA/JPL-Caltech)

Apakah foto di atas merupakan bukti kehidupan cerdas di Mars? Apakah kehidupan cerdas di Mars menciptakan sebuah formasi yang membentuk burung beo untuk mengirim pesan ke luar angkasa? Foto di atas diambil oleh Mars Global Surveyor milik NASA. Sementara formasi yang membentuk burung beo tersebut ditemukan pada tahun 2002 oleh peneliti independen Wilmer Faust yang meninjau sebuah gambar yang dipublikasikan untuk umum. Ia mengidentifikasi beberapa bagian burung seperti mata, paruh, lidah, kaki, cakar, dan sayap, serta apa yang ia sebut sebagai bulu ekor. Namun asumsi bentuk burung beo itu telah terbantahkan oleh sebuah foto baru dengan resolusi yang lebih tinggi.

7. Kawah Tersenyum

mars-pareidolia-7
“The Smiling Crater” — NASA Mars Global Surveyor, 1999 (NASA)

Kawah Galle adalah nama “kawah tersenyum” seperti yang terlihat di atas. Kawah ini pertama kali dicitrakan oleh Viking 1 Orbiter pada tahun 1970 dan diambil gambarnya oleh Mars Global Surveyor pada tahun 1999. Di gambar itu terlihat “mata” dan “mulut” yang sebetulnya adalah pegunungan.

8. Anggrek Mars (Morchid / Mars Orchid)

mars-pareidolia-8
‘The Mars Flower’ — NASA Mars Science Laboratory, 2012 (NASA/JPL-Caltech)

Selama operasi di ‘Yellowknife Bay’ yang terletak di dalam kawah Galle, Mars Science Laboratory (MSL), pesawat luar angkasa yang mendaratkan wahana penjelajah Curiosity, menemukan sesuatu yang sangat aneh tertanam di dalam batu. Kemudian MAHLI (Mars Hand Lens Imager) yang terpasang di MSL memperbesar obyek yang tampak seperti kelopak bunga tersebut. Sayangnya iluwan menjelaskan bahwa obyek tersebut kemungkinan besar adalah konsentrat mineral berwarna terang, bukan anggrek Mars (Morchid).

9. Logo Rolling Stones

mars-pareidolia-9
Rolling Stones Logo — NASA Mars Reconnaissance Orbiter (HiRISE), 2011 (NASA/JPL-Caltech/Univ. of Ariz.)

Sebuah formasi aneh lainnya adalah sebuah kawah yang memiliki bentuk aneh seperti sebuah lidah yang menjulur ke luar. Pada kenyataannya itu bukanlah logo dari Rolling Stones, namun material yang mengalir dari sebuah kawah yang mengalir menuruni lereng.

10. Gajah Vulkanik

mars-pareidolia-10
“The Mars Elephant” — NASA Mars Reconnaissance Orbiter (HiRISE), 2012 (NASA/JPL-Caltech/Univ. of Ariz.)

Sebuah aliran lava kuno Elysium Planitia yang dicitrakan oleh kamera High-Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) yang terpasang di wahana Mars Reconnaissance Orbiter. Aliran lava tersebut terlihat seperti kepala gajah yang terukir di permukaan Mars. 

Seluruh gambar yang berasal dari NASA bebas digunakan karena tidak memiliki hak cipta.
Sumber: Discovery News dan Wikipedia

Silakan masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda untuk berkomentar di blog ini. Komentar yang Anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tidak akan disetujui.
EmoticonEmoticon