10 Karakter dalam Film Kartun Doraemon

Jumat, 09 November 2012

Doraemon, salah satu manga dan anime yang sukses di dunia, dikarang oleh Fujiko F. Fujio yang menceritakan robot kucing bernama Doraemon yang berasal dari abad ke-22 yang kembali ke masa lalu di abad ke-20 menggunakan mesin waktu untuk menolong Nobita. Versi manganya pertama kali diterbitkan pada bulan Desember 1969, sementara versi animenya pertama kali disiarkan pada April 1973. Berikut inilah 10 tokoh yang sering muncul dalam film kartun Doraemon;
1. Doraemon (ドラえもん)
Doraemon adalah robot kucing dari abad ke-22 milik Sewashi (Cucu Nobita) yang dikirim ke abad 20 untuk menolong Nobita. Robot ini lahir pada tanggal 3 September 2112. Semula warna Doraemon adalah kuning, namun kemudian berubah menjadi warna biru. Perubahan warna dimulai ketika Sewashi melepaskan robot tikus yang diperintahkan untuk membantunya membuat patung Doraemon. Bukannya membantu, robot tikus ini malah menggigit telinga Doraemon hingga ia dilarikan ke rumah sakit. Namun karena kesalahan teknis, telinga Doraemon malah dicukur habis sehingga ia tidak memiliki telinga. Dalam keadaan begini, Doraemon menjadi putus asa dan menyendiri di suatu tempat. Kemudian ia mengambil “cairan penyemangat” dari kantongnya, namun karena kecerobohannya ia malah mengambil “cairan kesedihan” lalu meminumnya sampai habis. Karena efek dari cairan tersebut, Doraemon menjadi sedih dan menangis tersedu-sedu dalam waktu yang cukup lama yang membuat warna kuningnya luntur sehingga terlihat warna dasar yang berwarna biru. Selain itu, suara Doraemon juga menjadi serak setelah kejadian tersebut. Semenjak itulah Doraemon menjadi takut sama tikus. Pada masa-masa bersama Nobita, ia selalu diminta mengeluarkan alat-alat ajaibnya untuk memenuhi keinginan Nobita.

2. Nobi Nobita (野比のび太)
Nobita adalah seorang anak kelas 4 SD di Distrik Nerima, Tokyo dan merupakan anak tunggal. Kelemahan karakter Nobita sangat banyak dan bisa dibilang tidak terbatas; ia malas, bodoh, lemas, polos, selalu malang, dan buruk dalam berolahraga. Nobita selalu telat datang ke sekolah, tidak mengerjakan PR, mendapatkan nilai nol dalam ujian, dihukum Pak Guru, dan dimarahi ibunya. Ia juga sering disiksa oleh Gian dan Suneo, teman sekelasnya. Dibalik sifat jeleknya, Nobita juga memiliki sifat yang baik dan suka menolong. Bahkan ia juga sering mempertaruhkan hidupnya untuk menyelamatkan suatu peradaban (biasanya terlihat dalam Doraemon The Movie). Ia pandai membuat teka-teki dan bermain karet serta menembak. Nobita memiliki cita-cita yang selalu berubah-ubah, ia pernah bercita-cita menjadi ninja, guru, pilot, dan sebagainya. Pengarangnya, Fujimoto, mengatakan: “Nobita sebetulnya bukan tidak bisa apa-apa, ia hanya malas dan harus bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu. Karenanya, setiap hari ia selalu bersantai. Akan tetapi kalau memang diperlukan, ia akan melakukannya dengan sungguh-sungguh.

3. Shizuka Minamoto (源静香)
Shizuka adalah seorang gadis cantik dan cerdas yang disukai Nobita. Shizuka sangat dekat dengan Dekisugi karena kedekatan intelektual yang dimilikinya. Hobinya adalah berendam di air hangat dan bermain biola, di mana suara yang dihasilkan seperti suara Gian saat bernyanyi. Ia juga sering mengambil les piano, meskipun hal ini sangat tidak disukainya. Setiap kali Nobita dikerjai oleh Gian dan Suneo, Shizuka selalu membelanya. Shizuka bercita-cita menjadi seorang pramugari. Karena adanya intervensi dari Doraemon, di masa mendatang Shizuka akan menikah dengan Nobita.

4. Takeshi Goda (剛田 武)
Takeshi Goda, nama panggilan Gian (ジャイアン, Jaian), adalah seorang pengganggu yang besar, kuat, dan mudah marah. Dia sangat percaya diri dalam bernyanyi dan menganggap dirinya sebagai seorang penyanyi besar, meskipun suara yang dihasilkan sangat mengerikan. Ia sering mengadakan konser di lapangan dan mengundang semua temannya untuk datang dan mendengarkannya, walaupun mereka tidak suka mendengarnya. Gian adalah seseorang yang sangat ditakuti oleh anak-anak di lingkungannya. Ia sering mengambil mainan dan komik milik anak-anak lain dengan dalih “meminjam”. Ia sering bermain dengan Suneo dan bersama-sama melakukan penganiayaan terhadap Nobita. Gian sering memaksa Nobita untuk bermain bisbol karena timnya kekurangan pemain. Cita-citanya adalah menjadi seorang penyanyi besar dan tampil di televisi. Di balik semua sifat buruknya, Gian juga merupakan anak yang baik . Ia sering membantu Nobita dan teman-temannya ketika mengalami suatu masalah besar (terutama di kisah-kisah petualangan dalam Doraemon The Movie). Walaupun ia sangat ditakuti teman-temannya, Gian sangat takut dengan ibunya. Ia juga memiliki adik yang bernama Jaiko.

5. Suneo Honekawa (骨川 スネ夫)
Suneo adalah seorang anak berwajah rubah dari keluarga yang kaya raya dan sering memamerkan kekayaannya. Ia sering bersama dengan Gian dan dipaksa untuk membantunya mengganggu Nobita, meskipun di dalam hatinya ia membenci Gian sebagaimana orang lain dan kadang-kadang merasa kasihan kepada Nobita. Dia selalu mengolok-olok Nobita dan memamerkan kekayaannya di hadapan Nobita yang membuat Nobita selalu meminta Doraemon mengeluarkan alat-alat ajaibnya. Hobinya adalah bermain remote control, mengumpulkan perangko dan barang antik lainnya, membuat foto panorama, dan membuat paramodel. Suneo memiliki pngetahuan yang luas mengenai ilmu pengetahuan (sains) dan merupakan seorang desainer yang bertalenta. Ia bercita-cita menjadi desainer pakaian berkelas. Suneo merupakan seorang narsisis, di mana ia sering menatap dirinya di cermin dan mengatakan bahwa ia adalah orang tertampan di dunia. Ia juga masih sering mengompol dalam tidurnya yang membuatnya selalu memakai popok ketika tidur. Suneo merupakan anak yang memiliki tinggi tubuh terendah di kelasnya. Ia memiliki adik bernama Sunetsugu yang tinggal bersama pamannya di New York.

6. Dorami (ドラミ)
Dorami adalah robot kucing dari abad ke-22 seperti halnya Doraemon. Ia merupakan adik kandung dari Doraemon, karena faktanya bahwa Dorami dibuat dengan menggunakan minyak dari kaleng yang sama dengan Doraemon. Dorami lebih muda 2 tahun dari Doraemon serta lebih pintar darinya. Tubuhnya berwarna kuning dan memiliki telinga seperti Doraemon di awal pembuatannya. Dorami merupakan robot pengasuh tambahan yang dibeli oleh keluarga Sewashi, cucu Nobita. Ia bertemu Doraemon ketika Doraemon putus asa dan menyendiri karena hilang telinganya (seperti dikisahkan dalam film “2112: Kelahiran Doraemon”). Dorami adalah robot yang lebih maju dibandingkan dengan Doraemon. Ia mampu menghasilkan 10.000 tenaga kuda dibandingkan dengan Doraemon yang hanya memiliki 129,3 tenaga kuda. Dorami sering mengunjungi Nobita dan Doraemon di abad ke-20 ketika Doraemon sedang berlibur atau sedang memerlukan bantuan. Pacarnya adalah Dora-the-Kid salah satu anggota The Doraemons.

7. Hidetoshi Dekisugi (出木杉 英才)
Dekisugi adalah teman sekelas Nobita, Shizuka, Gian, dan Suneo. Ia sering dicemburui Nobita karena selalu mengerjakan PR sekolah bersama dengan Shizuka. Nobita selalu menggunakan alat-alat ajaib Doraemon untuk memisahkan hubungan antara Dekisugi dan Shizuka. Walaupun begitu, ia tidak pernah dendam kepada Nobita. Dekisugi merupakan murid terpintar di sekolah dan selalu mendapatkan nilai sempurna. Ia selalu membantu Nobita setiap dia memiliki pertanyaan filosofis atau ilmiah.

8. Nobisuke Nobi (野比 のび助)
Nobisuke adalah ayah dari Nobita yang merupakan pegawai kantoran yang sangat baik dan penyabar. Sewaktu kecil ia bercita-cita menjadi seorang pelukis  dan juga sempat berguru kepada pelukis-pelukis hebat. Ia sangat mahir dalam bidang olahraga terutama olahraga golf, namun ia sangat bodoh dalam pelajaran di sekolahnya. Nobisuke adalah seorang perokok berat dan sangat sulit dalam menghentikan kebiasaannya itu. Ia selalu gagal dalam tes mengemudi. Ia juga suka minum minuman beralkohol, dan kadang-kadang ketika pulang ke rumah ia dalam keadaan mabuk. Nobisuke sangat menyayangi Nobita dan jarang memarahinya. Ia menginginkan Nobita menjadi anak yang pintar sehingga tidak gagal seperti dirinya yang hanya menjadi seorang pegawai. Karena itu ia selalu memberikan buku-buku ensiklopedia kepada Nobita, namun oleh Nobita hanya dijadikan pajangan tanpa dibacanya. Nobisuke juga suka petualangan, ia selalu menasihati Nobita agar ke luar rumah untuk menikmati hangatnya sinar matahari dari pada tidur-tiduran di rumah.

9. Tamako Nobi (野比 玉子)
Tamako adalah ibu dari Nobita yang selalu memarahinya jika mendapatkan nilai nol. Ia adalah ibu yang sangat ketat dalam mendidik Nobita dan selalu menyuruh Nobita mengerjakan pekerjaan rumah. Ia sangat kecewa dengan sikap malas Nobita dan kegagalan akademisnya. Tamako sering melarang Nobita pergi bermain dan menyuruhnya mengerjakan PR. Namun, pada musim dingin, ia sering menyuruh Nobita untuk bermain di luar. Di masa muda, ia adalah seorang yang sangat pintar, namun tak pandai dalam berolahraga.

10. Pak Guru (Sensei)
Pak Guru adalah guru kelas 4 SD yang sering menghukum Nobita untuk berdiri di koridor. Nama aslinya tidak diketahui secara pasti. Ia sering memarahi Nobita dan Gian, namun menganakemaskan Suneo. Dia sering mengadakan kunjungan tak terduga ke rumah-rumah orang tua wali murid. Dalam kunjungannya ke rumah Nobita, ia selalu menginformasikan nilai-nilai nol yang didapatkan oleh Nobita. Dia juga biasanya bertemu dengan Nobita di jalanan dan sering memarahinya dan menyuruhnya belajar dengan keras untuk mendapatkan nilai tinggi.


Referensi: Wikipedia (enid), MangaWikiWikia. Sumber gambar: MangaWiki dan Wikia


 

Tulisan Terbaru