10 Negara dengan Jumlah Penduduk Muslim Terbesar di Dunia

Kamis, 10 Mei 2012

Populasi umat Islam yang saat ini berjumlah lebih dari 1.6 miliar jiwa atau sekitar 23.4 persen dari total penduduk dunia menjadikan Islam sebagai agama dengan jumlah penganut terbesar di dunia. Pertumbuhan jumlah umat Islam ini akan terus meningkat dan diperkirakan pada tahun 2030 jumlah Muslim dunia sekitar 2.2 miliar jiwa atau sekitar 35 persen pada tahun tersebut.

Berikut ini adalah sepuluh negara dengan umat Islam terbanyak menurut data dari The Pew Forum on Religion & Public Life pada tahun 2010:

1. Indonesia
Indonesia adalah negara yang terletak di benua Asia sebelah tenggara. Meskipun jauh dari negara asal agama Islam, namun penduduk yang menganut agama Islam di Indonesia sangatlah besar, yaitu sekitar 12,7 persen dari total Muslim dunia. Pada tahun 2010, penganut Islam di Indonesia sekitar 205 juta jiwa atau 88,1 persen dari jumlah penduduk.

2. Pakistan
Pakistan adalah negara yang terletak di Asia Selatan. Penduduk yang menganut Islam di negara ini adalah 11 persen dari jumlah Muslim dunia. Pada tahun 2010, penganut Islam di negara ini berjumlah sekitar 178 juta jiwa atau 96,4 persen dari jumlah penduduk.

3. India
India adalah negara yang terletak di Asia Selatan. Negara yang bertetangga dengan Pakistan ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 1 miliar jiwa. Penduduk yang menganut Islam sekitar 10.9 persen dari populasi Muslim dunia. Pada tahun 2010, 14.6 persen atau sekitar 177 juta jiwa penduduknya memeluk agama Islam.

4. Bangladesh
Bangladesh adalah negara yang terletak di Asia Selatan. Bangladesh setelah pisah dari India merupakan wilayah yang masuk Pakistan Timur yang terpisah dari Pakistan Barat. Penganut Islam di Bangladesh adalah 9,2 persen dari jumlah umat Muslim di dunia. Penduduk yang menganut Islam di Bangladesh adalah 90,4 persen dari jumlah penduduknya atau sekitar 149 juta jiwa.

5. Mesir
Mesir, sebuah negara di sebelah utara benua Afrika ini merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar kelima di dunia. Jumlah penduduk Muslim di negara ini adalah 80 juta jiwa atau 4,9 persen dari seluruh Muslim di dunia dan 94,7 persen dari penduduk negara ini.

6. Nigeria
Nigeria, negara yang terletak di benua Afrika sebelah barat ini memiliki jumlah umat Islam yang banyak walaupun hanya 47,9 persen penduduknya yang beragama Islam, namun jumlah penduduk yang banyak membuat Nigeria sebagai negara dengan jumlah Muslim terbanyak keenam di dunia, yaitu sekitar 4,7 persen dari jumlah Muslim dunia atau 76 juta jiwa.

7. Iran
Iran, negara yang terletak di benua Asia sebelah barat dan selatan merupakan negara dengan 99,6 persen penduduknya beragama Islam. Jumlah kaum Muslim di Iran sekitar 75 juta jiwa atau 4,6 dari total Muslim di dunia. Mayoritas Muslim di Iran adalah Syi’ah.

8. Turki
Turki, merupakan bekas kekaisaran Turki Utsmani (Daulah Utsmaniyah). Negara ini terletak di benua Asia sebelah barat dan sebagian benua Eropa. Sekitar 98,6 persen atau 75 juta jiwa penduduknya adalah Muslim. Jumlah merupakan 4,6 persen dari total Muslim dunia.

9. Aljazair
Aljazair terletak di barat-laut Afrika dengan pantai sepanjang Laut Tengah di sebelah utara. Muslim di Aljazair adalah sekitar 35 juta jiwa atau 98,2 persen dari penduduk. Jumlah ini adalah 2,1 persen dari total umat Islam di dunia.

10. Maroko
Maroko atau Maghrib adalah negara yang terletak di sebelah barat laut dari benua Afrika. Maroko terletak di sebelah barat negara Aljazair. Muslim di aljazair adalah sekitar 32 juta jiwa atau 99,9 persen dari penduduknya. Jumlah ini adalah 2 persen dari total umat Muslim dunia.
Populasi Muslim Dunia

Sumber: Pew ForumRepublikaWikipedia
Sumber Gambar: Grafik (Pew Forum), Persentase Muslim Dunia (Wikipedia)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang Anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tidak akan disetujui.